Wednesday 27 January 2016

5 Khasiat Buah Manggis untuk Asupan Gizi Ibu Hamil Muda


Buah manggis adalah salah satu buah yang kulitnya berwarna ungu dengan isi yang sangat manis. Baik dari segi penampilan luar maupun isinya sangat menarik dan ingin mencicipinya. Apabila sudah dibuka kulitnya akan terlihat daging buah manggis yang berwarna putih bersih berkelompok dengan biji yang kecil. 

Indonesia merupakan salah satu negara yang menyediakan buah ini secara merata sehingga mudah ditemukan. Rasanya yang manis dan menyegarkan ini biasanya membuat para ibu hamil muda memakannya bahkan bisa tiap hari. Rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil inilah yang membuat ia ingin selalu mengkonsumsi buah manggis sebagai obat menghilangkan rasa mual sekaligus menjadi makanan ibu hamil yang favorit.


khasiat buah manggis Ibu hamil muda
Image courtesy of [Jomphong] at FreeDigitalPhotos.net 
 Khasiat Buah Manggis untuk Asupan Gizi Ibu Hamil Muda
 
Khasiat buah manggis untuk ibu hamil muda ini masih menjadi tanda tanya besar. Beberapa ahli menganjurkan namun tidak jarang pula yang melarang mengkonsumsi buah manggis terutama pada usia hamil muda. Namun, jika melihat dari kandungan gizi buah manggis yang dipadukan dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil itu sangatlah tepat.

Khasiat Buah Manggis untuk Ibu Hamil Muda

1. Mencegah Terjadinya Cacat Bawaan

Salah satu asupan gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil adalah asam folat. Asam folat berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Asam folat adalah zat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan karena akan menggerakkan kesehatan otak bayi serta tulang belakang. Ibu hamil membutuhkan asupan folat yang cukup besar sepanjang kehamilan sekitar 600 mikrogram. Sementara itu buah manggis mengandung asam folat sebesar 60 mikrogram tiap 50 garam. Tentu saja ini menjadi jumlah yang sangat cukup dalam memenuhi kebutuhan ibu hamil muda. Oleh karena itu, buah manggis bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil.

2. Terpenuhinya Sistem Imun

Buah manggis yang mempunyai rasa manis dan menyegarkan itu tentu saja memiliki kandungan vitamin c. Banyaknya jumlah vitamin c yaitu sekitar 5 miligram dalam setiap 50 gram buah manggis. Padahal ibu hamil memerlukan vitamin c kurang lebih 86 miligram tiap harinya. Dengan mengkonsumsi buah manggis maka kebutuhan vitamin c ibu hamil bisa terpenuhi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini sangat baik untuk perkembangan janin karena ada sistem imun yang bisa mencegah janin terkena infeksi kuman dan bakteri.

3. Mencegah Gangguan Terjadinya Sembelit

Salah satu gangguan yang biasa dirasakan oleh ibu hamil muda adalah masalah pencernaan. Ibu hamil akan sering mengalami sembelit setiap harinya. Hal ini dikarenakan pada kehamilan trimester pertama perkembangan hormon sistem pencernaan sedang tidak stabil. Untuk itu diperlukan asupan serat yang cukup untuk menhindari hal tersebut. Salah satu makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi yaitu buah manggis. Dalam 50 gram buah manggis bisa mengandung 3,7 gram serat sementara ibu hamil memerlukan 26 gram serat setiap harinya. Oleh karena itu dapat ditarik benang merah kalo buah manggis adalah salah satu makananan yang bisa dikonsumsi ibu hamil dalam rangka pemenuhan kebutuhan seratnya.

4. Membantu Pembentukan Kerangka Janin

Salah satu khasiat buah manggis mengandung mangan dalam setiap dagingnya. Semua ibu hamil membutuhkan mangan guna membantu perkembangan pembentukan kerangkanya. Pembentukan tulang rawan dan sistem tulang janin sangat ditentukan asupan mangan. Jadi, hindari kekurangan mangan agar mendapatkan bayi yang sempurna bentuk dan fisiknya terutama bagi yang susah hamil. Buah manggis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada awal kehamilan. Untuk itu, mangan pada buah manggis sangat berperan dalam pembentukan janin pada ibu hamil muda.

5. Mendukung Metabolisme dan Menjaga Keindahan Kulit

Khasiat buah manggis yang lainnya adalah sumber vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Vitamin yang terkandung dalam buah manggis adalah vitamin C dan B kompleks. Vitamin C ini sangat bagus untuk kesehatan kulit ibu hamil yang kebanyakan akan mulai semakin menhitam dan kendur selama masa kehamilan. Kulit ibu hamil akan merenggang mengikuti dengan semakin besarnya jadin yang dikandung. Dengan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung banyak vitamin C maka kesehatan dan keindahan kulit akan senantiasa tetap terjaga seperti sediakala pasca melahirkan nanti.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada buah manggis akan sangat membantu proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat pada ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil muda akan mengalami masalah pencernaan dan efeknya kesehatan semakin menurun. Semua itu wajar adanya sebagai salah satu dampak dari perkembangan janin. Tubuh secara otomatis akan mulai beradaptasi dengan janin yang mulai tumbuh. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu hamil bisa memakan buah manggis secara teratur guna memenuhi kebutuhan vitamin B kompleksnya.

Pada saat Anda memasuki masa kehamilan maka akan ada berbagai perubahan yang bisa terjadi. Mulai dari gampang sakit, efek mual dan banyak hal lainnya lagi. Akan tetapi, semua itu seperti akan terbayar saat nanti hadir buah hati Anda ke dunia. Semua informasi tentang 5 khasiah buah manggis untuk asupan gizi ibu hamil muda ini semoga bisa membantu Anda menyukseskan kehamilan dan mendapat bayi yang sehat.

Baca juga artikel lainnya: 

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil 3 Bulan Pertama
Apa Saja yang Perlu Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Kehamilan
Gangguan Kehamilan saat Janin Memasuki Usia 6 bulan 
Berhubungan Intim saat Hamil 8 Minggu... Amankah?
Cara Masak Bubur Kacang Hijau sebagai Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

0 komentar:

Post a Comment